Beranda > Operating System > Mengenal OS yang ada disekitar kita

Mengenal OS yang ada disekitar kita

Pengertian Sistem Operasi


Sebelum berbicara tentang topik diatas mari kita bahas pengertian OS itu apa atau yang sering kita sebut dalam sehari-hari nya itu Sistem Operasi.Apa itu Sistem Operasi???
Sistem Operasi merupakan program utama yang menghubungkan Software Aplikasi yang digunakan oleh user dengan hardware.

Pengertian  sistem  operasi  secara  umum  ialah  pengelola  seluruh sumber-daya  yang  terdapat  pada  sistem  komputer  dan menyediakan  sekumpulan  layanan  (system  calls)  yang  sering disebut  “tools  atau  utility”  berupa  aplikasi  kepemakai  sehingga memudahkan  dan  menyamankan  penggunaan  ketika memanfaatan sumber-daya sistem komputer tersebut.

  1. Jenis Sistem Operasi (SO)

Sistem  operasi  dapat  dibedakan  berdasarkan  jumlah  pengguna dan  program  yang  dapat  dijalankan,  juga  berdasarkan  jenis software, atau jenis hardware yang digunakan. Berdasarkan  jumlah  pengguna  dan  program  yang  dijalankan, sistem operasi dapat dikategorikan dengan:

  • Single User – Single Tasking :

Satu komputer hanya bisa digunakan oleh satu user dan hanya bisa menjalankan satu program di satu waktu, contohnya: DOS (Disk Operating System).

  • Multi User – Single Tasking :

Satu komputer dapat digunakan oleh banyak user namun  tiap user  hanya  bisa  menjalankan  1  program  (aplikasi)  di  satu waktu,  contohnya:  Novell  Netware  yang  menjalankan  SO Network berbasis DR-DOS.

  • Single User – Multi Tasking :

Satu komputer dipakai oleh satu user dan dapat menjalankan banyak  program  disatu  waktu,  contohnya: Windows, MacOS, BeOS, JDS, dll.

  • Multi User – Multi Tasking :

Satu komputer dipakai bersamaan oleh banyak user yang dapat menjalankan banyak program di satu waktu, contohnya: Unix, Linux,  FreeBSD  (SO  turunan  Unix)  atau  Windows  dengan aplikasi Citrix Metaframe, dll.

 

Berdasarkan hardware komputer  yang  digunakan,  sistem  operasi dapat dibedakan untuk:

  1. Komputer PC (desktop / laptop):
  2. Komputer Server

Berdasarkan  jenis  software,  sistem  operasi  dibedakan berdasarkan:

  1. Perangkat Lunak Bebas (Free Software)
  2. Perangkat Lunak Open Source
  3. Perangkat Lunak Public Domain
  4. Perangkat Lunak Copylefted
  5. Perangkat Lunak Bebas Non-Copylefted
  6. Perangkat Lunak GPL-covered
  7. Perangkat Lunak GNU
  8. Perangkat Lunak Semi Bebas
  9. Perangkat Lunak Berpemilik
  10. Freeware
  11. Shereware
  12. Perangkat Lunak Komersial

 

Contoh Sistem Operasi (SO)
Berikut Adalah Contoh Sistem Operasi Yang Beredar Di Pasaran  Dari Yang Gratis Sampe Berbayar/Licence:

  • AmigaOS 4.1

Amiga 4.1 walaupun OS ini adalah salah satu OS yang paling tua,versi mutakhir dari OS  ini cukup modern. AmigaOS hanya dapat beroperasi  di  perangkat  keras  berbasis  PowerPC.  Perusahaan pengembangnya  ACube  saat  ini  memasarkan  dan mendistribusikan  AmigaOS  bersama  dengan motherboard  buatan mereka.

Gambar  Contoh Tampilan AMIGAOS 4.1

  • Syllable Desktop

Syllable  adalah  sebuah  OS  gratis  dan  open  source  yang dicabangkan  dari  AtheOS,  tiruan  AmigaOS  pada  tahun  2002. Syllable  dibuat  sebagai OS  ringan  dan  cepat  yang  cocok  dipakai untuk pengguna rumah dan bisnis kecil.Gambar Contoh Tampilan Syllable Desktop

  • SkyOS

SkyOS  adalah  sebuah  proyek  proprietary  yang  dikembangkan Robert  Szeleney  dan  beberapa  sukarelawan  yang  pada  awalnya dimulai sebagai percobaan  terhadap desain OS. SkyOS ditujukan sebagai OS desktop mudah pakai untuk pemula. Berbagai aplikasi populer  seperti  Firefox  telah  dimigrasikan  untuk  dapat  dipakai  di SkyOS

Gambar Contoh Tampilan Sky OS

  • MorphOS

MorphOS adalah sebuah OS ringan yang khusus didesain seputar penggunaan media, hanya dapat dioperasikan di PowerPC. OS  ini mendapat inspirasinya dari AmigaOS dan juga mengemas emulasi yang  memungkinkannya  untuk  menggunakan  aplikasi-aplikasi Amiga.

Gambar Contoh Tampilan MorphOS

  • AROS Research

AROS adalah sebuah OS open source ringan yang didesain untuk tidak saja kompatibel dengan AmigaOS 3.1,  tetapi  juga  lebih baik dari Amiga. Proyek ini dimulai pada tahun 1995 dan hari ini dapat dioperasikan  di  perangkat  keras  berbasis  PowerPC  dan  IBM  PC. AROS  juga  mengemas  sebuah  emulator  yang  dapat mengoperasikan aplikasi-aplikasi Amiga.

Gambar Contoh Tampilan AROS Research

  • MenuetOS

Dikenal  juga  sebagai  MeOS,  OS  ini  ditulis  dalam  assembly sehingga  berukuran  sangat  kecil  dan  berkinerja  sangat  tinggi. Walaupun  OS  ini  sudah  mengikutkan  GUI,  fitur  jaringan  dan banyak  lagi, OS  ini masih  dapat  dimuat  ke  dalam  sebuah  floppy 1.44 MB.

Gambar Contoh Tampilan MenuetOS

  • DexOS

DexOS  adalah  sebuah  OS  open  source  yang  didesain  untuk penggunaan  minimalis  seperti  console  game,  akan  tetapi  untuk dioperasikan di PC. Tampilannya terlihat seperti console game dan berukuran  sangat  kecil  (juga  dapat  dimuat  dalam  floppy)  dan dapat di-boot dari berbagai media.

Gambar  Contoh Tampilan DexOS

  • Visopsys

Visopsys  (VISual  Operating  SYStem)  adalah  proyek  hobi  seorang programmer  bernama  Andy  McLaughlin.  Pengembangan  ini dimulai di tahun 1997 dan OS gratis ini juga memiliki lisensi open source.

Gambar Contoh Tampilan Visopsys

  • Gos-good operating system

Good Operating  system  atau  gOS,  ditemukan  dan  dikembangkan pada  awal  tahun  2007  oleh  sebuah  perusahaan  perangkat  lunak sistem operasi yang berbasis di Silicon Valley California, Amerika Serikat  dan  Taipei,  Taiwan.  Namun,  GOS  baru  dirilis  pada  1 November 2007.Meskipun Good OS tidak memiliki kerjasama atau affiliasi  dengan  Google,  namun  dalam  sistem  operasinya  sudah ditanam aplikasi-aplikasi dari google (Google).

Gambar Contoh Tampilan Gos-good operating system

  • ReactOS

ReactOS  adalah  project  yang  dikembangkan  oleh komunitas  free  software  dan  open  source  yang driver compatible (sesuai) dengan Microsoft windows 2000/XP.  Dalam  bekerja  ReactOS  memeliki persamaan  dengan  projek  WINE  yang  ada  pada linux  karena  perkembangan  ReactOS  sangat tergantung  dari  developer  WINE  juga.  Saat  ini ReactOS telah memasuki tahapan Alpha.

Gambar Contoh Tampilan Reactos operating system

  • MojoPac

MojoPac  digunakan  untuk  fungsionalitas  dasar  yang  Anda butuhkan  untuk  membuat  sebuah  portabel  USB  stick
dengan Windows XP dan aplikasi dasar kau  ingin. MojoPac bukan  sistem  virtual  benar,  melainkan  tuan  rumah memanfaatkan PC, meminjam sumber daya (layar, prosesor, CD / DVD drive, koneksi internet, printer, dan lain lain)

Gambar Contoh Tampilan Mojopac operating system

  • EyeOS

eyeOS  adalah  sebuah  aplikasi  opensource  yang  berfungsi seperti  sistem  operasi  dan  dapat  digunakan  melalui  web browser.  Untuk  yang  ingin  mencoba  eyeOS,  eyeOS menyediakan server publik untuk digunakan oleh siapa saja,
buat akun  ,  login  lalu eyeOS dapat digunakan di mana saja (asal  ada  akses  internet  ya!)  dan  data  yang  kita  simpan  di server  eyeOS  akan  dapat  di  akses  di  mana  saja.  Alamat untuk  server  publik  eyeOS  adalah  eyeOS.info

Gambar Contoh Tampilan Eyeos Operating System

  • WINDOWS

Sistem Operasi Windows  awal mulanya dikembangkan  oleh William  Henry  Gates  III (dilahirkan  pada  tanggal  28
Oktober 1955), ia dikenal dengan nama Bill Gates, bersama temannya  Paul  Allen (saat  ini  mereka  menjabat  sebagai
Direktur  dan  Ketua  Pencipta  Perangkat  Lunak  bagi Microsoft). Menurut majalah Forbes, Bill Gates merupakan
orang terkaya di dunia saat ini.
Microsoft  Corporation didirikan  1975,  berkantor  pusat  di Redmond,  Washington,  AS,  adalah  perusahaan  software terbesar  di  dunia  (dengan  lebih  dari  50.000  karyawan  di berbagai negara, hingga Mei 2004.
Microsoft  menjual  beragam  produk  software.  Banyak  dari produk  tersebut  dikembangkan  secara  internal,  misalnya Microsoft Basic. Beberapa produk dibeli dan dimerek ulang oleh  Microsoft  untuk  distribusinya,  termasuk  Microsoft Project,  sebuah  program  manajemen  proyek  Visio,  sebuah program  pentabelan,  DoubleSpace,  Virtual  PC,  dibeli  dari Connectix  dan  bahkan  MS-DOS  yang  menjadi  awal kesuksesan  Microsoft  adalah  software  yang  dibeli  dari perusahaan lain.

Gambar  Contoh Tampilan Windows Operating System

  • MACINTOSH & APPLE

Apple,  atau  lebih  tepatnya  adalah  “Apple  Computer Incorporated”,  adalah  sebuah  perusahaan  komputer Berlisensi    yang  berbasis  di  Cupertino,  California. Sedangkan  Mac atau  Macintosh adalah  merujuk  kepada
produk-produk komputer yang dibuat oleh Apple Computer Inc  (line  of  personal  computers  designed,  developed,
manufactured, and marketed by Apple Computer – Wikipedia), seperti MacBook Pro, PowerBook, iBook. Sementara itu kata “Mac  OS”  merujuk  pada  Operating  System  yang dikembangkan oleh Apple Computer Dinamakan Macintosh, mengambil  nama  jenis  apel  yang  disukai Jef  Raskin,  Macintosh  diluncurkan  pada  Januari  1984  dengan
sebuah  iklan  Super  Bowl  yang  sangat  terkenal.  Mac  adalah komputer  pertama  yang mempopulerkan  graphical  user  interface (antarmuka  pengguna  grafis/GUI),  yang  pada  waktu  itu  sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia perkomputeran desktop.

Gambar Contoh Tampilan Macintosh Operating System

Dan Masih Banyak Lagi Operating System Yang Tidak Bisa Disebutkan Satu Persatu Disini.Dengan Harapan Menjadi Pembelajaran Bagi Kita Semua Untuk dapat Memahami Sistem Operasi Yang Beredar Disekeliling Kita Semoga Bermanfaat.

  1. 06/12/2010 pukul 1:31 pm

    jan… tulisane dawa nemen.. mbok ya di potong disit..

    hehehe

    tp ya keren banget sung…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: